MALUKU

Mengaku Difitnah, Ini Seruan Ketua Sinode GPM Kepada Warganya

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Ketua Sinode Gereja Protestan (GPM) Maluku, Pdt Pdt A.J.S Werinussa mengajak masyarakat khususnya warga GPM untuk dapat menilai perlakukan sejumlah politisi yang dinilainya telah menebar fitnah kepadanya.

Ajakan itu disampaikan Werinussa melalui sebuah status yang diunggah di akun facebook Renny Nanlohy Werinussa milik istrinya pada Selasa (27/2/2018).

“Tetapi kepada para politisi yang memfitnah beta dan pimpinan GPM kami pulangkan kepada warga GPM yang telah memilih mereka untuk menilai perlakuan mereka sebagai wakil rakyat,”tulis Werinussa dalam postingannya itu.

Baca Juga:Edison Seret GPM dan Tiup Isu Sara di Rapat Akbar Partai Golkar, Targetnya Apa?

Werinussa memposting status tersebut menyusul adanya polemik panjang pasca pidato politik Koordinator Wilayah Indonesia Timur DPP Partai Golkar, Edison Betaubun dalam aple akbar Partai Golkar Kota Ambon yang berlangsung di Sporthall Karang Panjang pekan lalu.

Dalam pidato itu, Ebet sapaan akrab Edison Betaubun menyatakan bahwa Werinussa telah memberikan dukungannya kepada calon gubernur dan wakil gubernur Maluku, Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) di Pilkada Maluku.

Baca Juga:Edison: Saya Juga Warga GPM, yang Saya Sampaikan Adalah Fakta

Tak Hanya itu, Ebet juga mengaku calon petahana Said Assagaff juga telah menggaransikan posisi Sekda Maluku kepada kader GPM yang duduk di birokrasi. Dia juga menyentil soal masalah perjanjian Malino dalam pidatonya itu.

Sejumlah pernyataan Ebet itu, spontan menimbulkan kontroversi di masyarakat, sejumlah masyarakat termasuk warga GPM lantas meminta Ketua GPM untuk segera mengklarifikasi pernyataan Ebet tersebut.

Banyak warga GPM yang marah dengan pernyataan Ebet itu, dan banyak pula kalangan yang menilai pernyataan tersebut sangat tidak beretika karena telah menyerat lembaga keagamaan kedalam wilayah politik praktis.

Selain meminta warga GPM menilai pernyataan controversial Ebet itu, Werinussa juga mengatakan sejumlah oknum pendeta yang dinilai ikut terpolarisasi dalam pernyataan politisi Partai Golkar itu juga akan diberikan pembinaan.

“Dan kepada para pendeta yang melakukan hal yang sama akan dilakukan pembinaan demi menegakan kewibawaan Gereja kita. Terima kasih. TUHAN MEMBERKATI. (maaf beta pake fb Mama Nyora karena beta seng punya). MOHON DIBAGIKAN…..,”katanya.

Berikut postingan lengkap Ketua Sinode Pdt A.J.S Werinussan mellaui akun facebook istrinya yang mulai dibagikan para warga net.

Meneruskan Pesan dari Pdt. A. J. S. Werinussa, Ketua Sinode GPM  kepada seluruh umat n pelayan, yg dibagikan pagi ini melalui akun FB ibu Renny Nanlohy Werinussa

Basudara warga jemaat GPM hari ini tgl. 27 Pebruari 018 jam 03.00, Beta sebagai Ketua Sinode bersama keluarga mengucapkan terima kasih atas dukungan doa dan pengertian sehingga kita telah melewati badai dan perlahan-lahan  kembali normal seperti biasanya. Dukungan doa basudara semua adalah kekuatan besar untuk menjaga gereja kita dari terpaan badai politik. Maaf beta tidak bikin klarifikasi sebagaimana harapan sebagian orang, namun yg beta lakukan adalah pertanggung jawaban melalui sidang gerejawi, sebab itu cara bergereja GPM. Beta dipilih sebagai pimpinan gereja, karena itu beta wajib memberi pertanggung jawaban kepada gereja ini melalui mekanismenya. Itulah pertanggung jawaban Seorang Bapak kepada anak-anaknya apabila mereka gelisah atas ulah Bapaknya. Nanti pertanggung jawaban ini beta lakukan di setiap persidangan klasis.

Dukungan doa dari basudara semua adalah kekuatan untuk beta memaafkan semua yang mencacimaki dan memfitnah beta dan keluarga serta pimpinan GPM. Ampunilah mereka Bapa, karena mereka tidak tahu apa yang mereka buat. Tetapi kepada para politisi yang memfitnah beta dan pimpinan GPM kami pulangkan kepada warga GPM yang telah memilih mereka untuk menilai perlakuan mereka sebagai wakil rakyat. Dan kepada para pendeta yang melakukan hal yang sama akan dilakukan pembinaan demi menegakan kewibawaan Gereja kita. Terima kasih. TUHAN MEMBERKATI. (maaf beta pake fb Mama Nyora karena beta seng punya). MOHON DIBAGIKAN….. (SMG)

 

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top