NASIONAL

Mengharukan! Usai Diberi Takjil, Wanita Bercadar Ini Dipeluk Erat Polwan Non Muslim

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Suasana mengharukan menghiasi acara pembagian makanan berbuka puasa atau takjil yang dilakukan jajaran Polda Maluku di Jalan AM Sangadji tak jauh dari Masjid Al Fatah Ambon, Jumat (25/5/2018).

Kejadian mengharukan itu terjadi saat  Anggota Polwan Polda Maluku, Brigpol Yugeal Tumury memeluk seorang wanita bercadar yang ikut mengantre saat mengambil makanan yang disediakan di posko pembagian takjil.

Pantauan Serambi Maluku, wanita bercadar yang tidak diketahui identitasnya itu mengantre bersama ratusan warga lainnya sekitar pukul 18.00 WIT. Saat itu wanita bercadar tersebut diperlakukan dengan sangat baik sama dengan warga lainnya.

Brigpol Yugeal yang kebetulan mengawasi pembagian takjil kemudian menghampiri wanita bercadar itu dan langsung memeluknya erat setelah dia mengambil makanan kotak yang diberikan oleh polwan lainnya.

Saat yang bersamaan sejumlah polwan yang lain juga menunjukan rasa hormat mereka kepada wanita bercadar tersebut dengan melambaikan senyum. Yang menarik, para polwan yang bertugas membagikan takjil kepada warga untuk berbuka puasa itu umumnya adalah polwan beragama Kristiani, termasuk juga Brigpol Yugheal.

“Jujur saya kaget saja ada perempuan bercadar yang juga antre saat itu,”kata Yughel kepada Serambi Maluku.

Yugeal mengaku selain kaget dia juga merasa bahagia karena ikut melayani seorang muslimah bercadar saat bertugas. Menurut Yugeal dia tidak pernah menaruh curiga sedikit pun terhadap perempuan bercadar itu.

“Saya tulus memeluknya saat itu, dan saya melihat matanya berkaca-kaca, jujur saya sangat bahagia memeluknya,”kata Yugeal.

Yugeal  mengaku saat memeluk wanita bercadar tersebut, dia sempat merasakan suasana batin wanita tersebut,”Dia merasa bahagia dan saya tadi melihat dia sampai mau menangis,”akunya.

Kegiatan pembagian takjil kepada warga muslim itu, tidak hanya dilakukan oleh para Polwan, namun  juga dilakukan oleh Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Hasanuddin bersama sejumlah pejabat utama Polda Maluku lainnya.

Selain menyasar para pejalan kaki, tukang becak dan sopir angkot, polisi juga ikut membagikan takjil kepada para tukang parker hingga gelandangan yang ada di kawasan itu.

Yang menarik, orang nomor dua di jajaran Polda Maluku ini bahkan rela basa-basahan untuk membagi takjil kepada warga muslim yang melintas di kawasan itu. Sesekali, dia ikut berbincang dengan warga yang ditemuinya sebelum memberikan takjil kepada mereka.

“Ini ada sedikit rezeki dari Polda Maluku, silahkan diambil untuk berbuka puasa,”kata Hasanuddin kepada seorang wanita yang melintas di kawasan itu.

Menurut Hasanuddin, pembagian takjil kepada warga muslim yang sedang berpuasaselains sebagai upaya untuk mencari amal ibadah di bulan ramadhan juga untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

Kegiatan pembagian takjil ini sendiri dilakukan jajaran Polda Maluku di tiga lokasi berbeda di Kota Ambon yakni di Jalan AM Sangadji, di simpang AY Patty dan di Jalan Jenderal Sudirman. Dalam kegiatan itu, sekitar 1.000 takjil dibagikan kepada warga.

“Jadi tujuannya itu kita ingin berbagi berkah di bulan suci ramaadhan, kebetulan kita juga sedang menggelar operasi mantap praja, kita berharap semuanya berjalan aman dan lancar,”kata Hasanuddin.

Dia menyebut dengan kegiatan itu, pihaknya juga berharap agar masyarakat dapat lebih dekat lagi dengan polisi dan tidak mengganggap polisi sebagai sesuatu yang menakutkan. Apalagi kata dia Polwan-polwan yang diterjunkan dalam kegiatan itu sangat begitu ramah dengan warga.

“Kita turunkan Polwan, anggota lalu lintas, bahkan saya turun langsung dan berbaur bersama masyarakat agar masyarakat bisa lebih dekat lagi dengan polisi, oh ternyata polisi juga baik, seperti ibu tadi yang kita kasih takjil dia terheran-heran dan berterima kasih,”ungkapnya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top