AMBOINA

Panasko Paparkan Persiapan Kongres HMI Dihadapan Pangdam dan Kapolda

Rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Kongres HMI di Kota Ambon yang berlangsung di Aula Slamet Riyadi Korem 151 Binaya, Minggu (11/2/2018)
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Panitia Kongres Nasional (Pansko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-30 memaparkan persiapan kongres HMI dalam rapat koordinasi bersama pimpinan daerah dan TNI Polri di Aula Slamet Riyadi Makorem 151/Binaya, Minggu (11/2/2018).

Rapat tersebut dihadiri langsung Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Suko Pranoto, Kapolda Maluku, Irjen Pol Deden Juhara, Sekretaris Daerah Maluku Hamin Bin Thahir, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy dan sejumlah pejabat daerah dan pejabat TNI Polri lainnya.

Ketua Panitia Nasional Kongres HMI, Fauzi Marasabessy memaparkan jumlah peserta yang akan menghadiri Kongres HMI dari seluruh utusan cabang se-Indonesia berjumlah 1.001 peserta. Sedangkan untuk peserta Musyawarah Korps HMI-Wati berjumlah 500 peserta.

“Kalau Munasko memiliki 50 anggota panitia, dan Kongres memilik 150 anggota serta sturuktur keamanan panitia ada 100 anggota. Insha Allah untuk panitia keamanan kami juga sudah kordinasikan dengan Kapolda Maluku,” lanjut Fauzi.

Dia mengungkapkan 1.501 peserta Kongres dan Munasko itu terdiri dari peserta penuh dan peninjau. Selama berada di Kota Ambon mereka akan ditempatkan di sejumlah Hotel di Ambon, yakni di Hotel Elizabeth, Manise Hotel, Marina, dan Mira Hotel.

“Kedatangan peserta pada 11-13 Februari. Setelah mereka tiba di Ambon, akan dijemput oleh panitia devisi transportasi, dan akan ditempatkan di hotel yang sudah disediakan. Ada empat hotel yag sudah disediakan dengan jumlah kamar 148 kamar,” tuturnya.

Sebelum pembukaan Kongres, panitia juga akan mengagendakan jalan santai di Kota Ambon dengan semua peserta pengembira dari seluruh Indonesia.

Dalam pemaparannya itu, Fauzi juga menyampaikan bahwa saat pembukaan Kongres ada beberapa sambutan yang akan disampaikan mulai dari laporan Ketua Panitia Nasional Kongres, Sambutan Ketua Umum PB HMI, Gubernur Maluku, Said Assagaf, Kordinator KAHMI Nasional, hingga sambutan Presiden Joko Widodo sekaligus membuka secara resmi membuka Kongres HMI ke-30.

Menurutnya sesuai jadwal, setelah pembukaan Kongres, akan diadakan beberapa seminar dari sejumlah menteri dan Anggota DPR-RI bersama dengan Rektor Unpatti Prof. M. J Sapteno. Sejumlah seminar itu akan dilaksanakan di sejumlah kampus di Ambon.

Selain itu, kata Fauzi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy terkait penyajian panggung hiburan untuk peserta Kongres.

“Ada panggung hiburan, sebagaimana hasil koordinasi dengan bapak wali kota Ambon, dan nantinya akan membuka panggung hiburan di Unpatti selama Kongres berjalan,” ungkap Fauzi.

Selain itu, kata Fauzi, pada 16 Februari 2018 akan diadakan agenda-agenda internal, yakni sidang pleno satu sampai pada sidang pleno empat. Nantinya juga pemilihan ketua Majelis Pengawas dan Konsultasi (MPK ) PB HMI. “Secara struktur kerja Kongres, kami memiliki majelis pengawas konsultasi,” ujarnya.

Menurut Fauzi, selaku Panitia Nasional Kongres, pihaknya hanya menerjemahkan program internal yang telah dirumuskan oleh Stering Comite Kongres. Selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh panitia lokal di Ambon.

Yang terpenting, bagi dia, adalah membangun sinergitas dengan seluruh stakeholder agar event nasional ini berjalan dengan aman dan damai.

“Selama kongres berjalan, dari pembukaan sampai penutupan Kongres, yang terpenting bagi kami adalah membangun koordinasi dengan sejumlah instansi di sini sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama bisa terlaksana dengan baik,” pesanya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top