NASIONAL

Pasca Serangan Bom di Surabaya, Polda Maluku Siaga

Pengamanan di Gereja Silo Ambon diperketat oleh pasukan Brimob bersenjata lengkap, menyusul adanya serangan bom di tiga gereja di Surabaya, di Minggu (13/5/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Jajaran Polda Maluku memberlakukan pengamanan ekstra ketat di wilayah Maluku menyusul  adanya serangkaian aksi serangan bom di tiga Gereja di Surabaya, Jawa Timur yang menyebabkan 13 orang meninggal dunia dan puluhan lainnya terluka, Minggu (13/5/2018).

Pengamanan ekstra ketat yang dilakukan polisi  diberlakukan di sejumlah gereja yang ada di Kota Ambon termasuk di beberapa daerah di provinsi Maluku.

Pantauan di lapangan, tampak ratusan personel kepolisian dan anggota brimob bersenjata lengkap terlihat berjaga-jaga di beberapa gereja yang ada di Kota Ambon seperti di Gereja Maranatha, Gereja Silo, Gereja Katedral, Gereja Rehoboth dan sejumlah gereja lainnya.

Tampak setiap warga yang hendak memasuki gereja ikut diperiksa oleh para petugas. Pengamanan ekstra ketat ini sengaja dilakukan untuk mencegah adanya aksi teror agar kejadian yang terjadi di Surabaya tidak terjadi di Kota Ambon.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan peningkatan pengamanan pascainsiden serangan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya itu dilakukan untuk mencegah aksi serupa terjadi di Kota Ambon.

“Kami akan bekerja maksimal untuk melakukan pengamanan, sebelum kejadiannya  keliling kemana-mana termasuk di gereja,”kata Andap, Minggu (13/5/2018).

Andap menjelaskan, selain di Kota Ambon pengamanan ekstra ketat juga diberlakukan oleh personel Polres yang ada di kabupaten/kota di Maluku.

“Di semua Polres juga meningkatkan pengamanan, jadi kita bertekad lebih maksimal lagi,”katanya.

Dia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat di Maluku agar tetap tenang dan tidak terpancing dengan kejadian aksi teror bom di Surabaya,”Kepada seluruh masyarakat Maluku agar tetap tenang dan dapat segera melaporkan hal-hal yang dinilai mencurigakan kepada pihak berwajib,”katanya.

Sebelumnya saat Apel Panggilan Luar Biasa yang berlangsung di Lapangan Upacara Polda Maluku, Kapolda juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Polda Maluku untuk lebih meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan terhadap aksi terror.

“Saya sampaikan bahwa Polda Maluku saat ini dalam kondisi siaga satu,”kata Kapolda dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Hasanuddin. (SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top