MALUKU

Pasukan Brimob Bantu Warga Saat Ambon Diterjang Banjir dan Tanah Longsor

Personel Brimob Polda Maluku berusaha membersihkan material ongsor yang menutup badan jalan di kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau Ambon, Selasa (29/5/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Musibah tanah longsor dan banjir menerjang sejumlah kawasan di Kota Ambon menyusul adanya hujan deras tanpa henti yang mengguyur wilayah Kota Ambon, Selasa (29/5/2018).

Musibah banjir terparah terjadi di kawasan Passo, Ahuru dan juga di kawasan Waiheru Kecamatan Baguala. Di tiga kawasan ini banjir ikut merendam rumah-rumah warga. Bahkan di kawasan Waiheru dan Passo, banjir meluap hingga ke jalan raya hingga menyebabkan arus lalu lintas di kawasan itu menjadi terganggu.

Sementara tanah longsor yang terjadi di kawasan Tantui menyebabkan material longsor menutupi sebagian badan jalan di kawasan itu. Tak hanya banjir dan tanah longsor, hjan deras juga menyebabkan pohon tumbang di kawasan Baguala.

Menyikapi musibah yang terjadi itu, Polda Maluku langsung mebgerahkan puluhan pasukan Brimob ke sejumlah lokasi bencana yang ada di sejumlah titik di Kota Ambon. Para pasukan brimob yang diterjunkan itu kemudian membersihkan material longsoran dan pohon tumbang dari atas badan jalan.

Pasukan elit kepolisian ini juga ikut membersihkan gorong-gorong yang ada di depan SMK 1 Waiheru yang tergenang banjir hingga mencapai 1 meter dan berusaha mengurai kemacetan yang terjadi di kawasan tersebut.

Sementara di beberapa kawasan lainnya seperti di Ahuru, pasukan brimob juga ikut membantu warga untuk mengatasi banjir semakin meluas ke pemukiman warga.

Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengatakan, langkah cepat personel Brimob Polda Maluku itu dilakukan untuk membantu warga yang terkena musibah banjir sekaligus memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pengguna jalan yang mengalami kesulitan akibat dampak bencana.

“Kami selalu memberdayakan seluruh anggota termasuk Polres jajaran untuk selalu siap dan sigapmenolong masyarakat ditengah anomaly cuaca yang ada saat ini,”kata Kapolda kepada Serambi Maluku,Selasa (29/5/2018).

Dia mengaku meski harus bertugas  ditengah situasi cuaca yang buruk, namun sebagai pelayan dan pengayom masyarakat polisi harus dapat menjalankan tugas kemanusiaannya demi melindungi masyarakat.

“Sat Brimobda, Dit Sahbara dan Polres Pulau Ambon dengan cepat berupaya mengatasi berbagai dampak bencana, termasuk tadi saat pohon tumbang yang menutupi sebagian badan jalan sehingga dapat digunakan kembali oleh pengguna jalan,”ungkapnya.

Andap menambahkan, Polda Maluku ikut mengerahkan personel Brimob ke lokasi bencana agar dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat ditengah situasi yang mereka hadapi. Menurut dia upaya membantu warga yang terkena bencana juga menjadi tuga Polri.

“Kami memang belum sempurnah, namun kami akan berusaha optimal bagi Maluku tercinta. Semoga eksistensi kami menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,”katanya.  (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top