AMBOINA

Pasukan Brimob dan Sabhara Dikerahkan Bantu Korban Bencana di Ambon

Aparat gabungan Sanhara dan Brimob Polda Maluku dikerahkan ke sejumlah lokasi bencana di Kota Ambon untuk membantu warga, Jumat (29/6/2018)
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Puluhan personel gabungan dari satuan Brimob dan Sabhara Polda Maluku dikerahkan ke sejumlah lokasi bencana yang tersebar di Kota Ambon, Jumat (29/6/2019).

Puluhan personel gabungan ini dikerahkan ke sejumlah titik untuk membantu warga, setelah hujan deras melanda Kota Ambon hingga mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor disertai pohon tumbang di sejumlah kawasan.

Puluhan personel Brimob dan Sabhara yang dikerahkan ini kemudian berusaha membantu warga dengan cara mengevakuasi barang-barang warga yang terendam banjir, membantu membersihkan rumah-rumah warga hingga memindahkan batang pohon yang tumbang dan menutupi badan jalan di beberapa kawasan di Ambon.

Kapllsek Teluk Ambon, Ipda Julkisno Kaisupy membantu mengangkat sepeda motor warga


Tak hanya itu, mereka juga ikut membantu mengangkat kendaraan milik seperti sepeda motor warga yang tidak bisa melewati jalanan yang terendam banjir. Aksi cepat dan tanggap yang dilakukan Polda Maluku ini bukan baru petama kali dilakukan, namun telah berulang kali saat warga tertimpa musibah.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat kepada Serambi Maluku.com mengatakan, aksi cepat yang dilakukan aparat kepolisian itu sebagai bentuk kepedulian jajaran Polda Maluku untuk membantu warga yang terdampak bencana alam.
“Apa yang dilakukan itu sebagai wujud kepedulian Polda Maluku untuk membantu warga yang terimpa bencana,”kata Ohoirat, Jumat (29/6/2018).

Dia menjelaskan, sebagai pelindung dan pengayom masyarakat maka sudah menjadi kewajiban bagi setiap anggota polisi untuk membantu masyarakat yang terkena musibah.

Untuk mengantisipasi musibah banjir dan tanah longsor di Kota Ambon, Polda Maluku sendiri telah membentuk tim siaga bencana yang melibatkan berbagai satuan di jajaran kepolisian. Tim ini kata dia akan selalu siap dan siaga jika terjadi bencana alam.

Ohoirat menjelaskan selain membantu memberishkan rumah-rumah warga ynag terdampak bencana, persobel Brimob dan Sabhara Polda Maluku yang dikerahkan ke kawasan Ahuru juga ikut mendirikan dapur umum untuk membantu warga di kawasan tersebut.

“Kita hanya ingin pelayanan yang diberikan dapat membuat masyarakat merasa nyaman, karenanya Polda Maluku akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,”paparnya.

Dia berharap, tugas-tugas kemanusiaan yang selama ini dilakukan Polda Maluku kiranya dapat lebih mendekatkan polisi dengan masyarakat. Sehingga berbagai program Polda Maluku dalam menjaga situasi kantimbmas yang kondusif dapat didukung sepenuhnya oleh masyarakat.

Ohoirat juga mengingatkan kepada masyarakat agar dapat lebih waspada mengingat kondisi cuaca di Maluku yang terus memburuk saat ini.

“Kondisi anomaly cuaca saat ini harus dapat diwaspadai oleh masyarakat khususnya yang tinggal di daerah rawan bencana,”katanya (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top