by

Basarnas Ambon Gelar Pelatihan SAR di Bula

loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com- Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon melaksanakan Pelatihan Potensi SAR tahun 2019 di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Senin (22/4/2019).

Kegiatan yang berlangsung di gedung serbaguna Hotel Mutiara Bula ini dibuka oleh Sekretaris Daerah SBT, Dr.Syarif Makmur mewakili Bupati Mukti Keliobas.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati mengatakan pelatihan potensi SAR khusus pertolongan di air yang diselenggarakan oleh Basarnas sangat tepat mengingat wilayah perairan Seram Bagian Timur sangatlah luas sehingga membutuhkan skil dan ketrampilan dari petugas SAR.

“Maka dari itu pengetahuan serta keterampilan (skill) para personil dalam melaksanakan pertolongan di air haruslah selalu diasah dan diperbaharui demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,”ungapnya.

Dia berharap kegiatan yang diselenggarakan itu dapat dilakukan secara rutin sehingga mampu menghasilkan output yang maksimal bagi para petugas SAR serta mampu menyatukan persepsi antara instansi serta profesionalitas dalam menunjang pelaksanaan operasi SAR di wikayah tersebut.

“Saya berharap pelatihan potensi SAR ini dapat dilakukan secara rutin, sehingga didapatkan output yang maksimal, kesamaan persepsi antara instansi serta profesionalitas dalam menunjang pelaksanaan operasi di SBT yang kita cintai ini,”harapnya.

Sementara itu Kepala Basarnas Ambon, Muslimin dalam sambutannya menyampaikan sesuai dengan undang-undang nomor 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan serta peraturan Presiden No 21 Tahun 2017 tentang pembinaan potensi pencarian dan pertolongan, tujuan penyelenggaraan kegiatan pelatihan potensi pencarian dan pertolongan adalah sebagai upaya untuk melaksanakan norma, standar prosedur dan kriteria, serta kebijakan kepada potensi pencarian dan pertolongan serta masyarakat.

Selain itu kegiatan tersebut juga dilakukan untuk mensinergikan pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan yang berasal dari berbagai instansi / organisasi pencarian dan pertolongan.

“Koordinasi ini sangat diperlukan mengingat pencarian dan pertolongan adalah tugas kemanusiaan yang menjadi tanggung jawab kita bersama,”ungkapnya.

Dia mengaku pihaknya menyadari bahawa Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan tidak sepenuhnya mempunyai kemampuan untuk menangani seluruh kecelakaan / Bencana yang terjadi tanpa bantuan segenap potensi Pencarian dan Pertolongan terkhususnya yang ada di Seram Bagian Timur ini.

“Sehingga perlu ada keterlibatan semua pihak dan perlu ada sinergitas,”ujarnya.
Pelatihan potensi SAR Tahun 2019 ini sendiri diikuti oleh 40 peserta berasal dari berbagai instansi yang berada di Bula. Adapun acara pembukaan diakhiri dengan pemberian plakat dari Basarnas Ambon kepada pemerintah kabupaten SBT. (Humas Basarnas Ambon)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI