AMBOINA

Pemkot Berencana Bangun Hutan Kota di Kawasan Batu Koneng

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pemerintah Kota Ambon berencana membangun hutan kota di sekitar kawasan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Dusun Batu Koneng, Kecamatan Teluk Ambon.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan terkait rencana itu pihaknya saat ini tengah melakukan penjajakan dengan LIPI untuk pemanfaatan lahan yang ada di kawasan tersebut “Saya juga sementara penjajakan dengan LIPI untuk pemanfaatan areal milik mereka untuk dijadikan hutan kota,” ujarnya.

Dia menyebut ada 3 hektar lahan milik LIPI yang rencananya akan dijadikan sebagai kawasan Hutan Kota. Lahan itu rencananya akan diserahkan oleh LIPI untuk dimanfaatkan Pemerintah Kota Ambon.”Ada kurang lebih 3 hektar yang akan diserahkan,”sebutnya.

Dia menambahkan jika rencana itu dapat terealisasi maka lahan milik LIPI itu akan ditanami oleh tanaman khas dari Maluku seperti pohon gandaria, asam jawa, tomi-tomi, kutikata dan sejumlah tanaman endemik lainnya.

“Kita rencana menanam tanaman khas Maluku disitu untuk memperkenalkan dan melestarikan tanaman asli Maluku,”ujarnya.

Dia berharap dengan adanya Hutan Kota maka dapat dijadikan potensi kekayaan alam yang ada di Maluku khususnya di Kota Ambon. “Itu kalau tidak kita lestarikan dia maka itu akan termakan jaman dan itu akan rugi buat kita,” terangnya. (SMG).

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top