by

Penipuan Berkedok Arisan ‘Online’ di Ambon Kembali Makan Korban

loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Penipuan berkedok arisan ‘online’ di Kota Ambon kembali memakan korban.

Seorang warga berinisal LJL yang tertipu akhirnya mengadukan seornag wanita ke Kantor Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

Korban yang merugi hingga jutaan rupiah ini mengadukan NF ke polisi pada Selasa petang (29/1/2019) lantaran uang tunai miliknya senilai Rp 4. 500.000 yang disetornya secara bertahap ke pelaku tidak juga kembali.

Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon, Ipda Julkisno Kaisupy mengatakan LJL tergiur mengikuti arisan online setelah dia membaca postingan NF di akun facebook yang mempromosikan bisnis kotor tersebut.

“Jadi pelapor ini tertarik mengikuti arisan online itu melalui facebook,”kata Julkisno kepada wartawan, Selasa malam (29/1/2019).

Menurut Julkisno modus operandi yang ditawarkan pelaku menggunakan sistem seat, dimana setiap peserta yang ikut membayar satu seat seharga Rp 500.000. Korban JLJ sendiri mengikuti 9 seat sehingga dia harus menyetor uang sebesar Rp 4. 500.000.

Julkisno mengatakan setelah sepakat mengikuti arisan tersebut, korban kemudian menyerahkan uang secara bertahap kepada pelaku hingga Rp 4.500.000 melalui pemberian langsung dan juga transfer via rekening bank.

Korban memberikan uang pertama kali ke pelaku pada tanggal 12 Januari 2019 lalu sebesar Rp 1.000.000. Setelah itu korban kembali mentrasfer uang senilai Rp 3.500.000 melalui rekening milik rekan pelaku berinisial GH sebanyak dua kali yakni pada tanggal 16 Januari dan 22 Januari 2019.

“Sesuai perjanjian dalam waktu 5 hari uang yang disetor korban akan diterima sebesar dan dikembalikan sebesar Rp 5.850.000 tapi hingga kini uang korban tidak juga kembali,”ujarnya.

Dia menyebut karena merasa telah ditipu, korban akhirnya mendatangi kantor Polres Pulau Ambon dan melaporkan kejadian yang menimpanya itu untuk dapat diproses secara hukum.

“Korban merasa ditipu, dia juga tidak bisa lagi menghubungi pelaku sehingga dia melaporkan kejadian yang menimpanya ke polisi,”katanya.

Terkait masalah tersebut, Julkisno mengaku kasus itu sedang dalam proses penyelidikan,”Kasusnya baru dilaporkan dan kita sedang menyelidikinya,”ujarnya.

Sebelumnya beberapa hari yang lalu, seorang wanita juga ditangkap aparat Polres Ambon karena menipu sejumlah korban melalui arisan online hingga puluhan juta rupiah. (SMK)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI