AMBOINA

Peringati Hari Air, BSW Maluku dan Mahasiswa IAIN Ambon Tanam Pohon dan Bersih Sungai

Aksi penanaman pohon di kawasan IAIN Ambon dalam rangka memperingati Hari Air se dunia, Kamis (22/3/2018).

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Balai Sungai Wilayah Maluku bersama mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon
menggelar kegiatan bakti sosial pembersihan sungai dan penanaman anakan pohon di kawasan kampus tersebut, Kamis (22/3/2018).

Aksi bersih sungai dan penanaman anakan pohon ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Air se-dunia yanh diperingati setiap tanggal 22 maret.

Selain melibatkan para mahasiswa bakti sosial bersih sungai juga ikut melibatkan warga di sekitar sungai di kawasan tersebut.

Kepala Balai Sungai Wilayah, Maluku Hariyono Utomo mengatakan, aksi penanaman pohon dan pembersihan sungai yang dilakukan itu sebagai bentuk kepedulian untuk menjaga ketersediaan sumber air agar tetap tersedia.

Kawasan IAIN sendiri dijadikan sebagai lokasi penanaman pohon karena kawasan tersebut dinilai masih sangat hijau dan alami sehingga perlu tetap dilestarikan sebagai daerah reaapan air.

“Disini masih sangat hijau, makanya kita harus terus melakukan kegiatan ini, agar masyarakat bisa sadar dengan aksi bersih-bersih sungai ini, supaya tidak lagi membuang sampah palstik yang dapat menyebabkan air sungai dapat tercemar,” paparnya.

Dia juga mengaku, Air merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar karena itu upaya melestarikan sumber daya air perlu terua dilakukan sehingga kebutuhan akan air tetap terpenuhi.

“Kami akan berusaha menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga air tetap mengalir dan bersih. Untuk itu, mungkin dalam waktu dekat kegiatan-kegiatan serupa juga akan terus kami lakukan,” paparnya.

Tak lupa dia juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh mahasiswa IAIN Ambon serta masyarakat sekitar, yang sangat antusias untuk terlibat langsung dalam kegiatan tersebut.

“Apresiasi yang sebesar-besarnya kami berikan kepada semua mahasiswa dan warga sekitar. Sebab dari sini bisa dilihat , begitu banyak orang yang sadar akan kebersihan lingkungan,” kata Hariyono usai kegiatan.

Sementara Rektor IAIN Ambon Hasbullah Toisuta mengaku kegiatan yamg dilakukan itu sangat bernilai positif untuk melestarikan lingkungan sekaligus menyadarkan masyaralat betapa pentingnya menjaga ketersediaam air.

“Kami sangat berterimakasih kepad pihak balai sungai. Dengan adanya kegiatan ini juga membantu untuk melestarikan air di kawasan ini, sekaligus juga dapat meyadarkan masyarakat akan bahaya buang sampah disungai. Sebab efek buruk buang sampah di Sungai adalah banjir, dan wabah penyakit semakin merajalela,” paparnya. (SME)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top