by

Persiapan Pelantikan DPRD SBT Capai 60 Persen

loading...

BULA,SERAMBIMALUKU.COM-Agenda pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terpilih periode 2019-2024 akan dilaksanakan Kamis (26/9/2019) di Gedung Paripurna DPRD SBT pukul 09.00. WIT. Jajaran Sekretariat DPRD (Setwan) Kabupaten SBT terlihat mulai melakukan persiapan acara tersebut di gedung DPRD, Rabu (4/9/2019).

Sekretaris DPRD SBT, Samsudin Lausiry mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan untuk pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan anggota dewan terpilih.

“Kita sudah siapakan rencana untuk pelantikan dan pengucapan sumpah janji anggota DPRD. Kita sudah menyiapkan ruang peripurna dan sejumlah undangan yang harus di cetak, sudah bisa dikatakan 60 persen”, ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pengambilan sumpah janji anggota DPRD SBT terpilih periode 2019-2024 akan dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunimua, Purwanto S. Abdullah. Dalam kesempatan itu Bupati SBT, Abdul Mukti Keliobas juga akan membacakan sambutan dari Gubernur Maluku, Murad Ismail.

Lausiry menegaskan, seluruh calon anggota dewan harus hadir dalam pelantikan nanti. Mereka harus mengucapkan sumpah janji jabatan. Mereka dinyatakan sah menjadi anggota dewan setelah mereka melakukan pengucapan sumpah. Selanjutnya, mereka akan mengemban amanah rakyat selama lima tahun.

“Mereka harus datang, kalau belum mengucapkan sumpah janji belum dewan namanya. Harus hadir,” tegas Lausiry.

Dia berharap, kinerja dewan periode yang baru nanti bisa lebih baik, lebih produktif, dan tingkat kedisiplinan lebih bagus. Di sisi lain, dewan harus responsif terhadap kepentingan warga.

Lanjut Lausiry, geladi akan dilaksanakan pada tanggal 23 dan 24 september 2019 atau dua hari menjelang pelantikan, agar semuanya sesuai dengan prosedur dan tata cara pelaksanaan jadwal pelantikan.

“Untuk geladi bersihnya dilaksanakan Selasa (24/9), kita berharap agar seluruh anggota dewan terpilih dapat berhadir dalam gladi bersih nanti,” pungkas Lausiry.

Semetara itu, Kasubag Keuangan DPRD SBT, Ahmad Fauzi Saflut mengatakan, Sekretariat akan menyiapkan sebanyak 1.000 lembar undangan pelantikan 25 Anggota DPRD SBT periode 2019-2024.

“Kami sudah menyiapkan undangan sekitar 1.000 orang. Jumlah ini kami anggap sudah cukup relevan, dengan jumlah anggota DPRD yang akan dilantik sekitar 25 orang,” ujar Saflut.

Menurutnya, undangan sebanyak 1.000, akan dibagikan ke anggota dewan terpilih serta anggota dewan lama beserta istrinya.

“Kita siapkan untuk setiap anggota DPRD yang lama maupun yang baru, Selain itu juga undangan ini akan kita bagikan kepada jajaran Forkopinda dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat se-SBT, Kepala Desa, Tokoh Agama, Partai Politik, OKP, LSM dan lainnya,” jelasnya.

Sementara, tamu dan undangan diperkirakan hadir dalam jumlah banyak. Pihak Sekretariat DPRD juga menyediakan tenda di halaman gedung DPRD.

“Kami akan menyediakan tenda di samping kira dan kanan halaman gedung DPRD SBT. Sedangkan lokasi parkiran untuk kendaraan roda dua maupun roda empat akan di kerahkan di jalan raya lintas pulau seram di  depan kantor DPRD SBT”, ungkap Saflut. ***lexi.

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI