MALUKU

Polda Maluku Ajak Jemaat Gereja Lawan Hoaks dan Jaga Kerukunan

Direktur Reserse Kriminal Khusus (DIr Reskrimsus) Polda Maluku, Kombes Firman Nainggolan bersama sejumlah anggotanya dan beberapa Polwan berhijab berfoto bersama para pendeta dan pelayaan gerja Yosep Kam, Minggu (29/4/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Jajaran Polda Maluku terus gencar mengajak masyarakat untuk  memerangi hoaks dan ujaran kebencian demi  menghindari adanya perpecahan di masyarakat.

Ajakan untuk melawan hoaks dan ujaran kebencian ini tak hanya dilakukan di tempat-tempat umum, namun juga dilakukan polisi hingga ke rumah-rumah ibadah seperti Masjid dan Gereja yang ada di Ambon.

Seperti yang dilakukan di Gereja  GPM Yosef Kam di jalan Rijali, Kelurahan Karang Panjang, Ambon, Minggu (29/4/2019).

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat mengatakan program Ibadah Kamtibmas yang dilakukan polisi di rumah ibadah itu bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran jemaat untuk tetap menjaga persatuan antarsesama umatberagama di Maluku dan bersama polisi melawan hoaks serta ujaran kebencian.

“Jadi program Ibadah Kamtibmas yang dilakukan ini bertujuan untuk mengajak warga memerangi hoaks dan ujaran kebencian, juga untuk mengajak masyarakat menjaga hubungan persaudaraan serta persatuan dan kebhinekaan dalam bingkai NKRI,”ungkapnya kepada Serambi Maluku.com,”Minggu (29/4/2018).

Ohoirat mengatakan, program ibadah kamtibmas yang berlangsung di Gereja Yosef Kam itu dipimpin langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Krimsus) Polda Maluku, Kombes Pol Firman Nainggolan, setelah proses ibadah minggu di gereja itu selesai.

“Tadi juga ada rekan-rekan dari Pers TNI AD Kodam Pattimura, jadi sama-sama mengajak jemaaat untuk memerangi hoaks,”kata dia.

Dia mengaku kerjasama TNI Polri untuk bersama mengajak masyarakat melawan hoaks merupakan upaya meningkatkan sinergitas demi mewujudkan Maluku yang aman dan damai.

“Jadi kekompakan untuk mengajak masyarakat memerangi hoaks itu merupakan bagian dari sinergitas TNI/Polri dalam menjalankan tugasnya di masyarakat,”ujarnya.

Ohoirat menjelaskan, dalam kesempatan itu Polda Maluku ikut menyampaikan pesan Kamtibmas kepada seluruh Jemaat gereja dan keluarganya untuk berperan aktif membangun dan menjaga persatuan, kedamaian, saling hormat menghormati serta menjaga keberagaman dan perbedaan dalam bingkai NKRI.

“Jemaat juga diberikan pemahaman tentang upaya menolak segala bentuk Hoaks , ujaran kebencian dan provokasi sara yang dapat merusak persatuan dan kesatuan,”ungkapnya.

Dia mengatakan, sebelumnya saat  acara Kotbah, pendeta secara khusus juga menyampaikan dan mengajak seluruh jemaat untuk ikut berperan menjaga persatuan dan kesatuan, ajakan perdamaian dan menghormati  perbedaan dan cinta tanah air.

Sementara diluar gereja, sejumlah Polwan berhijab juga menjaga keamanan gereja selama berlangsungnya proses ibadah. Menurut Ohoirat  ajakan memerangi hoaks dan ujaran kebencian di masyarakat merupakan  intruksi langsung dari Kapolda Maluku, Irjen Pol Andap Budhi Revianto.

“Ini sudah menjadi program Polda Maluku, karena diintruksikan langsung oleh Bapak Kapolda,”katanya.

(SMJ)

 

 

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top