KRIMINAL

Polda Maluku Gagalkan Penyelundupan 3 Ton Batu Cinnabar ke Sulawesi Selatan

Direktur Reskrimum Polda Maluku, Kombes Gupuh Setiyono didampingi Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Rum Ohoirat saat memberikan keterangan kepada waratwan terkait penangkapan 3 ton batu cinnabar, Selasa (20/3/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Tim Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Maluku menggagalkan upaya penyelundupan tiga ton batu cinnabar di perairan Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Tiga ton batu cinnabar yang diamankansaat diangkut dengan sebuah loangboad bermesin 40 tenaga kuda (PK) menuju Pulau Suanggi. Rencananya batu cinnabar itu akan diselundupkan ke Sidrap, Sulawesi Selatan untuk diolah menjadi mercuri.

Selain mengamankan tiga ton bahan dasar pembuatan mercuri itu, polisi juga mengamankan tujuh orang pria yang ikut dalam upaya penyelundupan tiga ton mercuri tersebut.

Direktur Reskrimum Polda Maluku, Kombes Gupuh Setiyono kepada waratwan menjelaskan, penangkapan tiga ton batu cinnabar yang
dan tujuh ornag pelaku yang akan menyelundupkan batu cinnabar iu berlangsung di perairan laut Dusun Ewe, Desa Iha Kecamatan Huamual pada Senin (19/3/2018) dinihari sekira pukul 02.00 WIT.

“Penangkapan dipimpin oleh Kompol Irvan dan AKP Sances. Jadi penangkapan ini atas hasil pengembangan yang kita lakukan selama bulan Januari lalu, para pelaku ini hendak membawa batu cinnabar itu ke Pulau Suaggi dan selanjutnya dibawa ke Sidrap,”kata Gupu kepada waratwan, Selasa (20/3/2018).

Dia mengungkapkan, sebelumnya polisi telah memantau pergerakan para pelaku sejak Januari lalu, bahkan para pelaku sempat ditangkap saat sednag menyelundupkan batu cinnabar di perairan tersebut, namun karena saat itu kondisi cuaca laut yang sangat buruk sehingga polisi membatalkan rencana penangkapan itu.

“Januari lalu februari kita mau tangkap tapi di tengah laut sehingga tidak memungkinkan karena ombaknya begitu besar sehingga kita baru berhasil menangkap kemarin. Penangkapan ini atas perintah langsung dari Kapolda Maluku,”ungkapnya.

Dia mengatakan tujuh pelaku yang ditangkap itu adalah RS, S, MIK, MYR, SK, HK, AK. Para pelaku kini dalam proses pemeriksaan di Polda Maluku. Selain menangkap para pelaku, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 71 karung batu cinnabar seberat 3 ton, loang boat yang digunakan untuk mengangkut batu cinnabar, sejumlah buku tabungan dan kartu ATM dan juga ponsel milik para pelaku.

“Pelaku utamanya itu RS, dia adalah warga Jawa Barat, dia ini sebagai pendana. Saat ini para pelaku masih dalam pemeriksaan,”katanya (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top