MALUKU

Polda Maluku Pantau Akun Facebook yang Suka Sebar Hoaks

Direktur Binmas Polda Maluku Kombes Pol Muhamad Yamin Sumitra tampil (Kedua dari kanan) bersama sejumlah nara sumber dalam dialog publik yang digelar IJTI Maluku di Hotel Amaris Ambon, Senin (5/3/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Upaya menyebarkan informasi bohong (hoaks) hingga ujaran kebencian melalui media sosial meningkat signifikan menjelang momentum pemilihan kepala daerah (Pilkada) diberbagai daerah di Indonesia termasuk juga di Maluku.

Berbagai bentuk propaganda dan isu sara yang disebarkan itu tidak hanya rentan terhadap situasi keamanan di masyarakat namun juga mengancam kualitas demokrasi yang selama ini sudah dibangun.

Untuk mengantisipasi maraknya penyebaran berita hoaks dan isu sara di media sosial, Polda Maluku saat ini gencar melakukan pengawasan secara ketat di berbagai jejaring emdia sosial termasuk facebook.

Direktur Binmas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Yamin Sumitra mengatakan pengawasanpenggunaan media sosial dilakukan untuk mengantisipasi adanya peredaran berita hoaks dan juga isu sara yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat.

“Untuk hoaks dan isu sara di media sosial ini kita telah bentuk patrol siber. Itu perintahnya langsung dari pimpinan Polri,”ungkapnya saat menyampaikan materi dalam dialog publik IJTI Maluku di Hotel Amaris Ambon, Senin (5/3/2018).

Dia menjelaskan, tim Siber Polda Maluku saat ini terus memantau sejumlah akun yang kerap menyebar berita hoaks melalui media sosial. Menurutnya pengawasan itu dilakukan agar masyarakat tidak dicecoki dengan informasi tidak benar.

“Pemantauan terus dilakukan, intinya kita ingin agar jangan ada hoaks dan isu sara yang disebar ke masyarakat karena itu konsekwensi hukumnya ada,”paparnya.

Sejauh ini kata dia sudaha da delapan orang yang ditangani oleh tim siber Polda Maluku terkait penyebaran informasi hoaks atau uajaran kebencian melalui media sosial,”Sudah ada delapan kasus yang ditangani Polda Maluku,”ujarnya.

Selain patrol siber, Muhamad Yamin mengaku pihaknya juga mengandalkan para babinkantibmas yang ada di seluruh wilayah untuk
mengsosialisasikan pilkada damai tanpa hoaks dan isu sara ke masyarakat.

“Mengingat Maluku ini terdiri dari pulau-pulau maka kita ikut mengandalkan Babinkantibmas, caranya langsung door to door dari rumah-ke rumah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,”pungkasnya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top