AMBOINA

Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk Atasi Kemacetan di Ambon

Dirlantas Polda Maluku, Kombes Pol Heru Trisasono
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Maluku bakal menyiapkan sejumlah skenario untuk mengatasi masalah kemacetan yang ada di Kota Ambon. Salah satu skenario yang akan dilakukan yakni rekayasa arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman.

Direktur Lalu Lintas Polda Maluku, Kombes Pol Heru Trisasono mengatakan rekayasa arus lalu lintas di jalan Jenderal Sudirman bakal dilakukan pihaknya menjelang bulan Ramadhan, sebab kawasan tersebut merupakan salah satu titik kemacetan terparah di Kota Ambon.

“Selama ini kan jalan keluar masuk angkutan jalan di Ambon hanya satu yaitu di Jalan Jenderal Sudirman, khususnya di kawasan Batu Merah sehingga perlu dilakukan rekayasa lalu lintas di kawasan itu,”kata Heru kepada waratwan di Kantornya, Kamis (3/5/2018).

Dia mengungkapkan, selain melakukan rekayasa arus lalu lintas di kawasan itu, pihaknya juga berencana akan berkoordinasi dengan warga Batu Merah khususnya pedagang kue di bulan ramadhan untuk dapat direlokasi dari kawasan Batu Mera, sebab keberadaan para pedagang di kawasan tersebut akan semakin menimbulkan kemacetan saat bulan ramadhan.

“Kita sudah bicarakan tadi, dan rencananya kita akan koordinasikan dengan masyarakat di Batu Merah. Jadi sesuai rencana lokasi tempat berjualan para pedgaang nanti akan dipusatkan di Lpaangan Galunggung,”ujarnya.

Dia menambahkan, bersama sejumlah forum lalu lintas jalan di Maluku, pihaknya juga telah meninjau kawasan Pantai Mardika hingga Batu Merah. Menuurtnya ruas jalan itu perlu dibenahi karena masih ada pedagang yang berjualan di bahu jalan di kawasan tersebut.

“Tadi Kami bersama Dinas Perhubungan baik Provinsi maupun kota Ambon telah meninjau kawasan tersebut dan kami menemukan ada beberapa masalah yang harus dibenahi termasuk juga terminal,”katanya.

Dia juga ikut menyinggung mobil angkot yang kerap parkir secara sembarangan di kawasna Mardika. Termasuk truk-truk yang kerap bongkar muat di atas bahu jalan yang menjadi salah satu penyebab kemacetan terjadi di kawasan itu.

“Kedepan semuanya akan dibenahi, jadi kita akan atur waktu dan tempat sehingga bongkar muat barang disitu sesuai sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas,”ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam peninjauan di kawasan Mardika, sejumlah pihak berwenang telah berjanji akan memperbaiki ruas jalan tersebut, sehingga jalan itu akan dimanfaatkan untuk arus masuk keluar angkot dari luar Ambon dengan lebih baik.

“Rencananya juga jalan di Mardika akan di aspal oleh Dinas PU sehingga lebih nyaman lagi, dengan begitu arus lalu lintas bisa lebih baik lagi disitu,”katanya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top