by

Polisi Tangkap Dua Pengepul Batu Cinnabar di Seram Barat

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Aparat Polres Seram Bagian Barat (SBB), Maluku menangkap dua orang pengepul batu cinnabar yang selama ini beroperasi di kawasan Gunung Tembaga, Desa Luhu, Kecamatan Huamual.

Kedua pengepul bahan dasar mercuri yang ditangkap itu yakni Hamjah Besan alias Anjas dan Jena Rumles alias Mama Jena. Keduanya ditangkap pada Senin (29/10/2018) setelah polisi mendapatkan informasi dari masyarakat.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat mengatakan kedua pengepul itu diamankan polisi karena melanggar pasal 158 dan atau 161 UU RI No 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan batu bara.

“Keduanya kini telah diamankan dan sementara menjalani pemeriksaan di Polres SBB,”kata Ohoirat kepada waratwan, Senin (29/10/2018).

Selain menangkap kedua pengepul itu, polisi juga ikut menyita sejumlah barang bukti berupa 8 karung batu cinnabar dengan berat keseluruhan 141,9 kg. Selain itu polisi juga menyita satubuah  mobil pick up suzuki yang digunakan kedua pelaku untuk mengangkut batu cinnabar.

“Selain itu polisi juga menyita 1 buah mesin blower , 1 buah timbangan ukuran 60 kg,”katanya.

Kawasan tambang batu cinnabar di Gunung Tembaga sebelumnya telah ditutup oleh aparat kepolisian dan pemerintah daerah setempat, meski begitu aktivitas illegal di wilayah itu masih saja berlangsung. (SMK)

 

 

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI