AMBOINA

Protes Jalan Rusak, Warga Passo Blokade Jalan dan Sandera Mobil Dishub

Warga Passo, Kecamatan Baguala Ambon memblokade ruas jalan dan menanam pohon pisang di jalan yang rusak saat menggelar aksi protes di kawasan tersebut, Kamis (26/4/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Ratusan warga Desa Passo, Kecamatan Baguala, Ambon berunjuk sambil memblokade ruas jalan di kawasan tersebut, Kamis (26/4/2018).

Warga memblokade ruas jalan dengan kayu dan batu lanraran kesal jalan rusak yang ada di kawasan itu tidak juga diperbaiki pemerintah.

Aksi prores itu juga dilakukan warga dengan cara menanam sejumlah pohon pisang di beberapa titik jalan yang rusak rak jauh dari Kantor Sekolah Polisi Nasional (SPN) Passo Ambon.

Warga marah dan terpaksa menggelar aksi protes sambil memblokade ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Baguala dan Kecamatan Salahutu tersebut, lantaran mereka kesal, jalan rusak yang ada di kawasan itu tidak juga diperbaiki oleh pemerintah.

Aksi unjuk rasa ratusan warga itu sempat diwarnai ketegangan setelah polisi menoba menertibkan warga yang mulai memberhentikan sejumlah mobil dan menyandera sebuah mobil dinas milik Dinas Perhubungan Kota Ambon.

“Kami minta pemerintah segera memperbaiki jalan rusak ini, sudah lama jalan ini rusak tapi tidak dihiraukan oleh pemerintah,”teriak warga dengan nada lantang.

Aksi warga tersebut sempat membuat arus lalu lintas di kawasan tersebut macet total selama berlangsungnya aksi unjuk rasa.

Untuk menenangkan masa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Ambon, Enrico Matitaputty langsung datang menemui para pendemo.

Dihadapan ratusan warga itu, Enrico mengungkapkan jika jalan rusak tersebut merupakan ruas jalan nasional sehingga tanggung jawab pemeliharaannya bukan menjadi kewenangan pemerintah Kota Ambon.

Meski begitu dia mengungkapkan bahwa jalan tersebut akan diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku melalui bina marga.

Dia mengaku saat ini proses perbaikan jalan rusak tersebut sudah memasuki tahap kontrak sehingga tidak lama lagi akan segera dipernaiki.

“Jadi saya berharap agar warga disini bisa bersabar , karena jalan ini akan segera diperbaiki,”katanya.

Usai mendengarkan penjelasan dari Enrico, ratusan warga tersebut kemudian membubarkan diri secara tertib.

Selanjutnya polisi yang mengamankan jalannya aksi unjuk rasa itu kemudian membersihkan batu dan kayu yang ada di atas badan jalan tersebut.

Aksi protes jalan rusak di kawasan Passo, Kecamatan Baguala Ambon

(SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top