MALUKU

Ratusan Warga SBT Gagal Mudik, Disuhub Kerahkan Kapal Tambahan

Ratusan warga yang gagal mudik ke Seram Bagian Timur membludak di depan posko mudik lebaran untuk mendaftar diri untuk diberangkatkan ke kampung halamannya pekan depan, Senin (4/6/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Ratusan warga yang hendak mudik ke sejumlah daerah di Kabupaten Seram Bagian Timur harus mengurungkan niat mereka untuk berlayar dengan kapal Sabuk Nusantara 63 dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Senin (4/6/2018) lantaran kapasitas kapal tidak mampu menampung para penumpang.

Ratusan pemudik ini membludak di pelanbuhan Ambon untuk pulang ke kampung halamannya dengan kapal gratis yang disediakan pemerintah provinsi Maluku. Sayangnya kapal yang disediakan itu hanya mampu menampung sebanyak 250 penumpang.

“Katong (kita) tidak bisa pulang hari ini, tadi sudah tanya di petugas tapi katanya penumpang sudah melebihi kapasitas,”kata Wati salah seorang penumpang asal Kilmuri dengan nada kecewa di pelabuhan Ambon, sebagaimanan dilansir dari Kompas.com, Senin (4/6/2018) petang.

Warga lainnya, Abdullah mengaku dia dan beberapa anggota keluarganya sudah berada di palabuhan Ambon sejak Senin siang, mereka juga telah berusaha untuk mendapatkan tiket kapal namun sayang tiket kapal tidak bisa lagi mereka dapatkan.

“Tadi sudah daftar juga dan sudah berusaha cari tiket juga cuma sudah habis, padahal kita kesini carter mobil ini mau pulang lagi,”ujar Abdullah.

Berdasarkan pantauan di lapangan Senin petang, ratusan warga yang tidak memperoleh tiket untuk mudik ke Seram Bagian Timur ini kemudian diarahkan untuk mendaftar oleh petugas di posko mudik lebaran di pelabuhan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Frangky Papilaya kepada waratwan di posko mudik lebaran mengatakan, ratusan warga yang tidak dapat mudik dengan kapal Sabuk Nusantara 63 akan dialihkan ke kapal Sabuk Nusantara 48 yang rencananya akan diberangkatkan pada kamis mendatang.

“Untuk Kapal Sabuk Nusantara yang akan berangkat ini kapasitasnya hanya 250 orang dan mereka yang ebrlangkat ini sudah mendaftar sebelumnya, tapi ternyata masih ada ratusan penumpang lagi yang belum bisa berangkat, nah kita akan laihkan mereka ke Kapal Sabuk Nusantara 48 yang akan berangkat Rabu atau kamis mendatang,”ungkapnya.

Dia menyebut sesuai rute, kapal Sabuk Nusantara 48 sebenarnya tidak melayari jalur Pulau Seram, namun mengingat banyak penumpang yang tidak bisa mudik lebaran ke wilayah itu maka pihaknya akan berkonsultasi dengan kementrian utnuk mengalihkan rute kapal tersebut ke wilayah Seram Bagian Timur.

“Nanti kita koordinasi dengan kementrian agar kapal Sabuk Nusantara 48 ini bisa mengangkut ratusan penumpang ini,”ujarnya. (SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top