by

Ribuan Liter Sopi Ditumpahkan ke Selokan Polres Ambon

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Aparat Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease memusnahkan sebanyak 1.225 liter miras tradisional jenis Sopi di depan Mapolres setempat, Selasa (7/5/2019).

Pemusnahan ribuan liter sopi ini dilakukan dengan cara ditumpahkan ke selokan air di depan Mapolres dari dalam jerigen dan kemasan plastik. Pemusnahan minuman haram tersebut dipimpin langsung Kapolres Pulau Ambon AKBP Sutrisno Hady Santoso.

“Untuk hari ini yang dimusnahkan sebanyak 1.225 liter tapi untuk keseluruhan yang telah dimusnahkan di Polsek Jajaran itu sebanyak 14.913 liter,”katanya.

Menurut Kapolres ribuan liter sopi yang dimusnahkan itu didapat dari razia yang dilakukan oleh petugas di pintu masuk pelabuhan Ambon. Dia mengatakan para pelaku menggunakan modus baru untuk membawa miras tersebutke Kota Ambon. Modusnya yang digunakan dengan cara mengelabui petugas yakni memasukan sopi ke dalam sagu tumang.

“Modusnya itu memasukan sopi ke dalam sagu tumang itu dilakukan untuk menghindari razia dari petugas,”ujarnya.

Adapun sopi yang dimusnahkan itu berasal dari Pulau Seram dan Maluku Tenggara Barat. Menurut Kapolres razia peredaran minuman keras selama ini telah dilakukan untuk meminimalisir tingginya angka kejahatan dan kriminalitas di masyarakat.

Dia mengakui bahwa pengaruh peredaran miras di masyarakat sangat berdampak buruk seperti adanya tindakan kriminal, perkelahian dan juga kejahatan lainnya. Selain itu razia sopi juga dilkukan sebab saat ini umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.

Dia menambahkan saat ini pemilik miras sopi sudah bisa dijerat sesuai dengan undang-undang pangan dan perlindungan konsumen.”Tidak ada toleransi lagi sekarang untuk pemilik sopi ilegal. Kita pastikan bisa dijerat dengan undang-undang tersebut,” katanya. (SMJ)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI