by

RSUD Piru Terendam Banjir Hingga Selutut, Puluhan Pasien Dievaluasi

loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Puluhan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku dievakuasi dari sejumlah ruang perawatan ke tempat aman setelah rumah sakit tersebut tegenang banjir, Selasa (2/7/2019).

Banjir mengenang sebagai besar ruangan termasuk ruang perawatan pasien setelah hujan lebat tanpa henti mengguyur kawasan tersebut sejak siang.

Salah satu pegawai RSUD setempat, Jen Siauta mengaku pihaknya terpaksa mengevakuasi puluhan  pasien di rumah sakit itu lantaran semua ruangan termasuk ruang rawat inap pasien ikut terendam banjir.

“Ada puluhan paien yang dipindahkan oleh petugas rumah sakit. Semuanya dipindahkan ke  ruang Makila, ruang perawatan VIV dan ruang Agatis yang tidak terkena banjir,”ungkap Jen saat dikonfirmasi.

Menurutnya dari semua ruangan yang terkena genangan banjir, kondisi terparah terjadi pada ruangan kebidanan dan ruang kelas B. di dua ruangan ini ketinggian genangan mencapai betis kaki orang dewasa.

“Untuk yang paling parah itu di ruangan kebidanan sama ruang  kelas B, disitu memang paling parah karena ketinggiannya sampai betis kaki,”ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seram Bagian Barat, Hery Risakota mengatakan banjir yang menggenangi RSUD Piru lantaran rusaknya system drainase di rumah sakit tersebut.

“Untuk di RSUD ini 90 persen bangunannya terendam banjir, itu karena saluran air yang ada di rumah sakit tersumbat jadi semuanya masuk ke dalam sebagian besar ruangan di rumah sakit,”terangnya.

Selain mrendam RSUD Piru, hujan deras yang mengguyur wilayah itu juga ikut merendam sejumlah kantor pemerintahan di Piru seperti Kantor Dinas Perumahan, Inspektorat dan sejumlah kantor lainnya. (SMK)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI