POLITIK

Santun dan Hebat Diperediksi Bakal Bersaing Ketat

Peneliti CSIS, Arya Fernandes saat memberikan materi dalam diskusi mediam pilkada berintegritas di Ambon, Rabu (25/4/2018)
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Peneliti Centre for Stratgic and International Studies (CSIS), Arya Hernandes memprediksi persaingan ketat dalam merebut dukungan suara di Pilkada Maluku kemungkinan hanya akan terjadi antara pasangan Said Assagaff-Anderias Rentanubun (Santun) dan Herman Koedoeboen-AbdullahVanath (Hebat).

Menurut Arya lembaganya secara resmi tidak melakukan survei dalam Pilkada Maluku, namun dari pemetaan yang dilakukan, dia memprediksi kedua pasnagan itu yang akan bersaing ketat di Pilkada Maluku.

“Kalau saya pasangan Santun dan Hebat, tapi ini pendapat pribadi ya bukan lembaga,”kata Arya kepada waratwan di Ambon, Rabu (25/4/2018).

Dia menjelaskan, herman Koedoeboen dan Abdullah Vanath memiliki basis dukungan yang sangat kuat di wilayah Pulau Seram dan wilayah tenggara Maluku. Dia juga menyebut, bersatunya kedua figur ini akan menjadi kekuatan yang sangat besar.

“Saat Pilkada 2013 lalu, keduanya maju dan memperoleh suara yang sangat signifikan dan saat ini keduanya bergabung di Pilkada tahun 2018,”ujarnya.

Dia menyebut, salah satu alasan kedua figur ini perlu diperhitungkan karena keduanya memiliki basis masa tradisional di daerahnya masing-masing.

“Dan perlu diketahui bahwa pemilih di Maluku masih banyak menentukan pilihannya karena pendekatan emosional primordial,”ujarnya.

Dia pun mengaku meski tidak didukung partai politik, namun secara figure keduanya sudah dikenal karena sebelumnya pernah bertarung. Dia juga mengaku banyaknya partai politik yang mendukung pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno tidak akan
berpengaruh signifikan, jika mesin partai tidak mampu bekerja secara maksimal.

Sementara untuk calon petahana, dia menilai pasangan Santun tentu diunggulkan karena posisinya sebagai incumbent dan punya modal logistik yang lebih baik.

“Pasangan Santun lebih diunggulkan karena posisinya yang petahana, punya resources, punya logistik dan sudah bekerja sejak lama,”katanya.

Dia menyebut, masih ada segmen masyarakat yang lebih menggunakan pendekatan primordial untuk menentukan pilihannya, namun ada juga pemilih yang rasional dan menentukan pilihan berdasarkan visi misi dan program kerja calon.

“Jadi prediksi saya yang antara Santun dan Hebat,”katanya. (SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top