POLITIK

Santun Sapuh Bersih Segmen Pemilih Parpol, Bagiamana Dengan Baileo?

Hasil surveu Media Survei Strategi (MSS) terkait peta dukungan pemilih partai politik di Pilgub Maluku
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Pasangan calon guebrnur dan wakil gubernur Maluku Nomor urut 1 Said Assagaff-Anderias Rentanubun (Santun) hanya didukung tiga partai politik yakni Partai Golkar, PKS dan Partai Demokrat.

Meski begitu dukungan pemilih dari segmen partai terhadap pasangan petahanan ini jauh lebih tinggi dari pasangan Murad Ismail-Barnabas Orno (BAEILEO) yang mendapat dukungan mayoritas partai politik.

Beradasarkan hasil survei terbaru lembaga Media Survei dan Strategi (MSS), terungkap jika banyak partai yang mendukung pasangan Murad ternyata pemilihnya lebih banyak yang memilih pasnagan Santun.

“Banyak partai bukan berarti banyak pendukung karena Pilkada merupakan jualan figur, itu terbukti dari hasil survei dimana mayoritas dukungan pemilih partai lebih memilih pasangan Santun,”beber Direktur MSS, Husain Marasabessy kepada waratwan, Minggu (25/3/2018).

Dia memaparkan dari temuan hasil survei itu terungkap jika pemilih sejumlah partai seperti PKB, PPP, Partai Gerindra, PAN dan Hanura lebih memilih pasnagan Santun.

Untuk PKB misalnya, 40 persen pemilihnya memilih Santun, 20 persen memilih Hebat dan hanya 10 persen yang memilih Baileo dengan swing voters sebesar 30 persen.

Adapun pemilih PPP sebanyak 62, 50 persen menjatuhkan pilihannya kepada Santun, 5 persen ke Hebat dan 5 persen ke Baileo dengan swing voters 27,50 persen.

“Untuk PAN 60 persen pemilihnya memilih Santun, 5 persen Hebat dan 25 persen ke Baileo, sementara 10 persen belum menentukan pilihan,”kata Marasabessy.

Sedangkan untuk Hanura 58 persen pemilihnya lebih memilih Santun, 16,70 persen ke Hebat dan 8,30 persen ke Baileo, dengan swing voters 16,70 persen. Hal yang sama juga terjadi pada pemilih Partai Gerindra dimana sebanyak 31,10 persen pemilih partai itu lebih memilih Santun, dan Baileo hanya dipilih 27,30 persen, sedangkan Hebat 13,60 persen.

“Untuk pemilih Partai NasDem baik Santun, Hebat maupun Baileo memiliki persentase dukungan yang sama yakni sebesar 21,40 persen,”katanya.

Sementara untuk Partai pengusung Santun yakni Golkar, PKS dan Demokrat, mayoritas pemilihnya lebih memilih Santun.
“Untuk pemilih PDIP Hebat meraih 33,00 persen suara, Santun 28,60 persen dan Baileo 16,50 persen,”ujarnya (SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top