POLITIK

Servei MSS: SANTUN Masih Teratas, Baileo di Papan Bawah

Direktur Media Survei dan Strategi (MSS) Husain Marasabessy
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Calon gubernur dan wakil gubernur petahana, Said Assagaff-Anderias Rentanubun (SANTUN) masih terlalu tangguh untuk dikalahkan dua rivalnya yakni Murad Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) dan Herman Koedoeboen-Abdullah Vanath (HEBAT) di Pilkada Maluku 2018.

Berdasarkan temuan survei terbaru yang dilakukan Media Survei Strategi (MSS), pasangan Santun masih berada diposisi teratas dengan tingkat dukungan publik mencapain 41.50 persen pasangan HEBAT 25.00 persen,s ednagkan pasangan BAILEO yang berada di urutan paling bawa memiliki tingkat dukungan 13,40 persen. Sedangkan Swing Voters yang akan menjadi rebutan ketiga pasangan di sisa 93 hari menuju hari H pilkada mencapai 20,10 persen.

Direktur MSS, Husain Marasabessy memaparkan, dari temuan survei terbaru terungkap jika mayoritas publik Maluku masih menginginkan petahana kembali memimpin Maluku pada periode kedua. Itu didasarkan atas tingkat popularitas dan kesukaan terhadap pasangan SANTUN yang sangat tinggi.

“Hanya SA yang tingkat popularitas dan kesukaannya memenuhi syarat kemenangan yakni di atas 85 persen. Dikenal dan disukai merupakan kunci seseorang menang dalam pilkada,”kata Marasabessy melalui rilis yang diterima Serambi Maluku.com, Minggu (25/3/2018).

Dia memaparkan, dari segi popularitas Said Assagaff berada diposisi teratas dengan tingkat pengenalan mencapai 91.40 persen dan tingkat kesukaan mencapai 85.10 persen. Disusul Abdullah Vanath 76.40 persen dan tingkat kesukaan 65.40 peresn, Herman A. Koedoeboen memiliki popularitas 63.60 persen dan tingkat kesukaan 67.70 persen.

Adapun Murad Ismail memiliki tingkat popularitas mencapai 61, 80 persen dan tingkat kesukaan 71,30 persen, Barnabas Orno tingkat popularitas, 48,30 persen dan tingkat kesukaan 65,60 persen, sedangkan Anderias Rentanubun memiliki tingkat popularitas 47,70 pesen dan tingkat kesukaan 65,70 persen.

Selain itu publik Maluku juag merasa puas dengan kinerja petahana dengan persentase sebesar 67,93 persen dan menganggap Gubernur berhasi sebesar 69,30 persen dalam tugasnya, dalam rumus pilkada jika kepuasan dan keberhasilan Incumbent di atas 50 persen maka Incumbent tersebut berpeluang besar untuk terpilih kembali,”ungjkap Marasabessy.

Dalam survei itu juga ditemukan bahwa mayoritas publik Maluku sangat merasa puas dengan kinerja petahana, baik dari aspek pembangunan infrastruktur, pendidikan, pelayanan kesehatan, keamanan, transportasi, telekomunikasi dan sebagainya.

“Kepuasan Masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi dalam berbagai Aspek masih di atas 60 hingga 85 persen,”katanya.

Survei terbaru MSS ini dilakukandengan menggunakan metode multi stgae random sumpling dengan margin of eror 4,8 persen. Survei dilakukan ejak tanggal 5-15 Maret 2018. Adapun jumlah responden yang digunakan dalam survei tersebut berjumlah 448 respnoden yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Maluku. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top