AMBOINA

Sopi Seharga 870 Juta Dimusnahkan ke Dalam Got Polres Ambon

Pemusnahan puluhan ribu liter sopi di depan Kantor Polres Pulau AMbon, Senin (14/5/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Menjelang bulan Ramadhan 1439 Hijriah, Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease memusnahkan sebanyak 28.975 liter minuman keras tardisional jenis sopi di selokan bagian depan kantor Polres setempat, Senin petang (14/5/2018).

Pemusnahan puluhan ribu liter minuman berkadar alkohol tinggi itu dipimpin Kapolres Pulau Ambon, AKBP Sutrisno Hady Santoso. Hadir dalam acara pemusnahan,  Dandim 1504 Pulau Ambon, Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri Ambon, Asisten II Kota Ambon serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Kapolres Pulau Ambon, AKBP Sutrisno Hady Santoso mengtakan puluhan ribu liter sopi itu merupakan hasil sitaan polisi sepanjang periode Januari hingga Mei 2018.

“Sopi-sopi ini didapat dari hasil razia seluruh Polsek, jumlahnya sebanyak 28.975 liter,”kata Hady dalam acara pemusnahan miras tersebut.

Hady menjelaskan, peredaran miras di Kota Ambon selama ini menjadi salah satu pemicu terjadinya berbagai aksi kejahatan di masyarakat. Karenanya, Polres Pulau Ambon sangat menaruh perhatian untuk memerangi peredaran minuman keras tersebut.

“Apalagi ini sudah menjelang bulan suci ramadhan, sebentar lagi umat muslim akan menjalankan ibadah puasa,”sebutnya.

Dia mengatakan, puluhan ribu sopi yang disita dan dimusnahkan tersebut berasal dari berbagai wilayah di Maluku yang sengaja dimasukan ke Kota Ambon melalui pintu-pintu masuk pelabuhan dan juga dermaga.

“Umumnya hasil sitaan dari Maluku Tenggara dan juga Pulau Seram. Kalau dirupiahkan itu mencapai Rp 870 juta,”katanya.

Aisten II Kota Ambon, Roby Silooy  ikut mengapresiasi langkah Polres memusnahkan puluhan ribu liter miras tersebut, pasalnya peredaran miras selama ini sangat berdampak buruk bagi generasi muda di Kota Ambon.

“Sopi memiliki dampak yang sangat buruk, salah satunya kerap menjadi pemicu bentrok di masyarakat,”ujarnya. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top