by

Sudah 1.216 Gempa Susulan Guncang Maluku

loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Memasuki hari ke-12 pascagempa bermagnitudo 6,8 yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya, hingga Selasa (8/10/2019) pagi,  gempa susulan di wilayah Maluku masih terus terjadi.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon hingga pukul 09.00 WIT, gempa susulan yang mengguncnag Pulau Ambon dan sekitarnya telah mencapai 1.216 kali.

“Sampai pukul 09.00 WIT Selasa pagi ini BMKG mencatat sudah sebanyak 1.216 kali gempa susulan yang mengguncnag Pulau Ambon dan sekitarnya,”kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Ambon, Andi Azhar Rusdin, Selasa.

Dia mengtakan dari ribuan kali gempa yang terjadi itu, gempa susulan dengan magnitudo terbesar yakni 5,6 sedangkan yang terkecil 1,6.  Gempa bermagnitudo 1,6 mengguncnag Pulau Ambon dan sekitarnya pada Selasa dinihari tadi.

Meski skalanya kecil, namun getaran gempa yang ditimbulkan ikut membuat panik warga di Ambon karena epsenrum gempa yang santat dekat dengan Kota Ambon.

“Dari ribuan kali gempa yang terjadi itu sebanyak 135 kali gempa ikut diraskaan getarannya oleh warga di Pulau Ambon, Kairatu, Masohi, Banda dan sekitarnya,”ternagnya.

Sebelumnya Andi menyebut gempa susulan di Maluku masih terus terjadi karena masih ada energi yang tersisa di zona patahan yang terus dikeluarkan secara perlahan untuk mencapai kestabilan.

“Jadi energi tersisa itu dikeluarkan secara perlahan sehingga kondisi patahan itu bisa mencapai kestabilan kembali, jadi ini kondisinya normal,”katanya.

Menurutnya meski banyak gempa susulan yang terjadi namun skalanya relative lebih kecil dari gempa utama 6,8 magnitudo.

Sebelumnya diberitakan, gempa 6,8 magnitudo sebelumnya mengguncang Pulau Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat pada Kamis (26/9/2019) tsekira pukul 08.46 Wit.

Adapun lokasi gempa berada pada titik koordinat 3.38 Lintang Selatan,128.43 Bujur Timur atau berjarak 40 km Timur Laut Ambon-Maluku dan 9 km Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat  dengan kedalaman 10 Km.

Akibat gempa tersebut tercatat 38 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami kuka-luka. Selain korban jiwa, gempa tersebut juga mengakibatkan kerusakan rumah-rimah warga, sekolah, rumah ibadah, perkantoran dan fasilitas publik lainnya.(SMK)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI