MALUKU

Tahun 2019, Semua Wilayah Maluku Terhubung Internet

Menteri Komunikasi dan Informasi RI, Rudiantara

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara mengungkapkan tahun 2019 mendatang seluruh wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di wilayah Indonesia bagian timur sudah terhubung dengan jaringan internet.

Di wilayah Maluku sendiri kata Rudiantara ada tiga wilayah yang masuk dalam kategori 3T yang sebagian wilayahnya belum terkoneksi jaringan telekomunikasi dan internet yakni di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya dan Maluku Tenggara Barat.

“Tahun 2019, semua kabupaten/kota di Indonesia sudah terhubung dengan jaringan tulang punggung Back Bone, internet berkecepatan tinggi,”jelasnya kepada wartawan usai menghadiri Konferensi Musik Indonesia Tahun 2018 di Taman Budaya Karang Panjang Ambon, Kamis (8/3/2018).

Dia menjelaskan, untuk mempercepat koneksi jaringan internet maupun telekomunikasi di wilayah terluar dan terdepan yang paling cepat adalah dengan menggunakan jaringan visat atau jaringan satelit.

“Pasalnya saat ini jaringan internet yang menggunakan kabel fisik harus disediakan terlebih dahulu jaringannya, dan itu sangat membutuhkan waktu dan menyulitkan karena harus menggali tanah untuk pemasangan jaringan lebih dalam,”ungkapnya.

Sejauh ini, kata dia, sudah 2.500 titik untuk jaringan satelit yang diadakan Kementrian Komunikasi dan Informasi di seluruh Indonesia khususnya untuk daerah 3T. Menurutnya keunggulan jaringan satelit, selain mudah juga langsung ada internet dan wifi.

“Yang kami lakukan sudah 2.500 titik lebih di daerah 3T, terutama sekolah. Dan itu langsung pake wifi atau jaringan internet. Itu cara yang paling cepat. Atau menggunakan membangun BTS dari seluler. Itu yang paling cepat,”sambungnya.

Sebelumnya dalam pemaparannya, Rudiantara mengatakan Pemerintah membuat kebijakan untuk membangun infrastruktur di daerah 3T. Salah satunya adalah membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi.

“Kita bangun sampai Saumlaki, Pulau Aru, Papua – Papua Barat. Ada 30 kabupaten yang tidak tersentuh broad band (internet). Insya Allah akhir tahun sudah selesai konstruksinya. Tahun 2019 semua kabupaten/kota di Indonesia sudah memiliki jaringan internet berkecepatan tinggi. (SMJ)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top