MALUKU

Tim SAR dan Brimob Selamatkan 34 Penumpang Kapal Gloria di Perairan Kei Kecil

Tim SAR gabungan Polres Malra, pasukan brimob dan Basarnas Tual saat melakukan operasi penyelamatan terhadap kapal motor Gloria yang di perairan Kei Kecil, Sabtu (9/6/2018)

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Tim SAR gabungan dari Polres Maluku Tenggara, Detasemen Brimob Kompi C Tual dan Basarnas Tual  menyelamatkan puluhan penumpang Kapal Gloria yang terombang ambing di laut akibat mengalami kerusakan mesin di perairan Tanjung Sorban, Kei Kecil, Maluku Tenggara, Sabtu (9/6/2018).

Kapal berpenumpang 34 orang dan dua juru mudi ini sebelumnya bertolak dari Pelabuhan Watdek, Langgur, menuju Desa Hor, Kecamatan Kei Besar Utara Barat pada pukul 06.20 WIT. Namun setelah berlayar kapal ini mengalami gangguan pada mesinnya di perairan Tanjung Sobran, Kei Kecil.

Kondisi itu membuat puluhan penumpang panik, setelah kapal kayu it uterus diterpa gelombang tinggi di kawasan tersebut. Beruntung seorang pendeta yang ikut dalam pelayaran segera menginformasikan situasi tersebut kepada kerabatnya dan kemudian dilaporkan kepada tim SAR.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat mengatakan setelah mendapatkan laporan tersbeut, tim SAR gabungan langsung bergerak dari pelabuhan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tual dengan menggunakan KM SAR Baratah untuk operasi penyelamatan.

“Tim SAR gabungan yang terdiri dari personel Polres Maluku Tenggara, pasukan Brimob Kompi C dan SAR Tual mulai melakukan evakuasi penumpang kapal sekira pukul 10.00 WIT,”kata Ohoirat kepada Serambi Maluku, Minggu (10/6/2018).

Dia menjelaskan, setelah para penumpang berhasil dievakuasi dari Kapal Gloria mereka kemudian dibawa ke Ohoi Ir Kecamatan Kei Besar Utara Barat. Selanjutnya Kapal Gloria  yang ikut ditarik berlabuh di tempat penambatan  untuk perbaikan mesin, setelah itu kembali melanjutkan perjalanan.

“Dalam insiden itu, semua penumpang diyantakan selamat,”ujarnya. (SMK)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top