AMBOINA

Tokoh Papua Jadi Korban Rasis, Warga di Ambon Turun Jalan

Puluhan pemuda yang menamakan diri yang menamakan diri Kelompok Ras Melanesia menggelar aksi unjuk rasa memprotes penghinaan terhadap tokoh Papua, Natalius Pigai di media sosial. Aksi unjuk rasa ini berlangsung di sejumlah titik di Kota Ambon, Kamis (3/5/2018).

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Puluhan pemuda di Kota Ambon yang menamakan diri Kelompok Ras Melanesia menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah titik di Kota Ambon, Kamis (3/5/2018).

Unjuk rasa tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap adanya aksi penghinaan terhadap salah satu tokoh masyarakat Papua, Natalius Pigai yang disamakan dengan gorilla di grup facebook Jokowi Presidenku.

Penghinaan terhadap Natalius diunggah salah satu akun facebook bernama Siti Aminah sambil memposting foto mantan Ketua Komnas HAM itu berdampingan dengan seekor gorilla. Postingan itu spontan menjadi viral di media sosial.

“Sebagai anak bangsa Melanesia, kami merasa telah dihina  dan martabat kami telah diinjak-injak,”teriak Koordinator aksi, Abner Holago saat menyampaikan orasinya di depan Gong Perdamaian Dunia.

Menurut Abner penghinaan terhadap Natalius Pigai sangat menyinggung perasaan sesama anak Melanesia bukan hanya masyarakat Papua tapi juga warga Maluku, karena itu masalah tersebut harus dapat diselesaikan secara bermartabat dan para pelakunya agar dapat dihukum.

“Kami berpandangan bahwa semua manusia sama, sehingga tindakan penghinaan terhadap Natalius Pigai sangatlah tidak manusiawi,”kata dia.

Sementara Ketua Yayasan Satu Darah Maluku Abraham Tulalessy dalam orasinya menegaskan bahwa penghinaan terhadap Natalius Pigai merupakan penghinaan terhadap seluruh anak bangsa Melanesia.

Dia pun mengancam pihaknya akan menempuh jalur hukum dengan melaporkan pemilik akun yang telah menghina Natalius ke polisi.

“Sebagai bagian dari anak bangsa Melanesia kami sangat merasa tersinggung dengan peristiwa ini, dan kami akan melaporkan masalah ini ke polisi,”tegasnya.

Selain berunjuk rasa di Depan Tugu Gong Perdamaian Dunia, para pendemo juga berorasi di Tugu Leimena di kawasan Poka dan Tugu Trikora. Dalam aksi itu, para pendemo ikut membawa spanduk dukungan terhadap Natalisu Pigai dan sejumlah famplet berisi kecaman atas aksi penghinaan terhadap tokoh papua tersebut. (SMH)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top