POLITIK

Wiranto Akui OSO Ketua Umum, Bagaimana Nasib Ayu Hasanusi yang Membangkang?

Ketua DPD Partai Hanura Maluku, Ayu Hindun Hasanussi
loading...

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Konflik di Partai Hanura akhirnya selesai setelah Ketua Dewan Pembina Partai Hanura, Wiranto mempertemukan dua Ketua Umum Hanura yang berseberangan yakni Oesman Sapta Odang (OSO) dan Daryatmo di Hotel Ritz Charlton, Kuningan, Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Hasil dari pertemuan itu, OSO akan tetap menjabat sebagai Ketua Umum Partai Hanura. Pertemuan itu juga menghasilkan kesepakatan bahwa partai tersebut akan membentuk tim bersama yang diisi dari kedua belah pihak. Tim itu nantinya akan melalukan komunikasi untuk mengakomodasi kedua kubu.

Meski sudah ada kesepakatan untuk mengakhiri konflik, namun pelaksanaan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) DPD Partai Hanura Maluku akan tetap digelar kubu OSO. Sesuai rencana Musdalub untuk menggantikan Ayu dari jabatannya akan berlangsung di di Hotel Haris, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (24/1/2018) besok.

Lalu bagaimana dengan nasib Ayu Hindun Hasanussi yang telah dipecat dari jabatannya sebagai Ketua DPD Maluku?.
Paksana Tugas (Plt) DPD Hanura Maluku Wahab Talaohu mengatakan Musdalub untuk mengganti Ayu tetap akan dijalankan.

Dan sesuai rencana Musdalub itu akan dihadiri oleh delapan DPC dari total 11 DPC yang ada di Maluku.
“Sudah delapan DPC yang telah hadir di Jakarta dan siap untuk mengikuti Musdalub besok,”kata Wahab, Selasa (23/1/2018).

Wahab mengaku pemeceatan Ayu dari Ketua DPD Partai Hanura Maluku tidak menyalahi aturan maupun ketentuan partai, sebab Ayu nyata-nyata telah membangkang dan ikut dalam Munaslub untuk menggulingkan Ketua Umum yang sah.

“Pemecatan terhadap Ibu Ayu itu sah, karena beliau ikut merongrong ketua umum yang sah,”katanya.

Sebelumnya, Ayu sempat menantang OSO setelah surat pemecatannya dikeluarkan. Ayu menegaskan bahwa OSO tidak berhak memecat dirinya dari Ketua DPD Partai Hanura Maluku. Dia bahkan tidak mengakui OSO sebagai Ketua Umum Partai.

“OSO tidak berhak memecat saya, emang dia siapa? Dia bukan Ketua Umum saya, Ketua Umum saya Pak Daryatmo,”tegasnya.

Secara tegas Ayu juga menyebut bahwa dia telah lebih dahulu memecat OSO dari Ketua Umum dalam Munaslub di Kantor DPP Hanura beberapa waktu lalu. Dia juga menyebut bahwa penunjukan Plt sebagai tindakan yang illegal. (SMN)

Click to comment

BERITA TERKINI

To Top