by

Wujudkan Layanan Publik Berkualitas di Maluku Melalui Inovasi ‘Biro Umum Smart Service’

AMBON,SERAMBIMALUKU.com-Upaya mewujudkan kualiats pelayanan publik yang efektif dan berkualitas tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat namun juga pemerintah daerah. Untuk mewujudkan pelayanan publik yang baik, maka berbagai inovasi pun dilakukan demi menghadirkan layanan yang memuaskan masyarakat.

Di Maluku, berbagai terobosan melalui inovasi pelayanan publik juga dilakukan berbagai instansi pemerintahan dengan tujuan agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Seperti halnya yang dilakukan Biro Umum Setda Maluku saat ini.

Melalui inovasi Biro Umum Smart Service (BUS), Biro Umum Setda Maluku bertekad agar seluruh proses pelayanan publik dapat berjalan lebih baik dan terintegrasi sehingga semakin memudahkan masyarakat saat berurusan dengan birokrasi pemerintahan.

Kepala Biro Umum Setda Maluku, Hadi menjelaskan inovasi BUS yang diinisiasinya itu merupakan sebuah terobosan yang dilakukan untuk mewujudkan  layanan publik yang smart, professional sebagaimana tuntutan masyarakat.

Menurutnya inovasi BUS merupakan sebuah pendekatan layanan inovasi yang berkaitan erat  dengan tiga tugas pokok biro umum yaitu layanan administrasi umum, layanan barang milik daerah dan layanan kerumah tanggahan.

“Untuk menjawab itu kita melakukan tiga area perubahan, pertama penguatan kapasitas SDM menjadi  SDM yang smart yaitu dengan melakukan outbon, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan hard skill dan soff skill ada juga on the job training ini untuk meningkatkan keterampilan dan untuk meningkatkan pembelajaran sesama pegawia atau SDM aparatur sehingga mereka lebih cakap trampil dalam menjalankan tugas pelayanan,”papar Hadi di ruang kerjanya, Rabu sore (10/10/2018).

Selanjutnya kata Hadi, pihaknya juga menyiapkan prosedur pelayanan yang baik agar dapat menjembatani pelayanan publik secara tepat dan optimal.

”Yang kedua area perubahan kita ada pada system atau SOP, atau disebut ketatalaksanaan sebagaimana kita mempersiapkan prosedur pelayana  yang baik, yang muktahir yang bisa menjembatani layanan-layanan publik  yang cepat, optimal,”ungkapnya.

Menurut Hadi yang terpentinga dalah perangkat pendukung berupa IT dalam rangka akselerasi percepatan layanan sehingga dapat terintegrasi. Sehingga hadirnya inovasi BUS tersebut diharapkan akan membantu proses pelayanan publik di Maluku.

“Kami selaku kepala biro umum menginisiasi untuk melakukan inovasi layanan guna menjawab kebutuhan pelayanan yang optimal yang berkualitas dengan suatu layanan yang terintegrasi,”ujarnya.

Menurut Hadi terobosan yang dilakukannya melalui inovasi BUS itu sangat mendapat apresiasi dari gubernur Maluku, Said Assagaff.

“Terobsan saya ini sudah mendapat dukungan dari bapak Gubernur, pak Wagub dan pak Sekda dan selama ini mereka sangat mendorong terwujudnya inovasi dalam layanan publik dengan tagline one agency one innovation. Jadi masing-masing OPD harus punya satu inovasi,”jelasnya.

Dia menambahkan inovbasi BUS yang saat ini mulai diterapkan itu juga diharapkan dapat berjalan efektif sehingga dapat membantu masyarakat. Menurutnya untuk langkah awal atau jangka pendek penerapannya masih dilingkup Kantor Gubernur Maluku.

Kedepan kata dia pihaknya berencana agars emua OPD di lingkup pemerintah provinsi Maluku dapat menerapkan inovasi tersebut, selanjutnya untuk jangka panjang seluruh kabupaten kota dapat menerapaknya.

“Ini langkah awal atau jangka pendek kita terapkan di kagub kemudian jangka menengah kiat lakukan di seluruh OPD di lingkup provinsi Maluku dan jangka panjang di kabupaten kota se Maluku karena pada waktunya birokrasi di semua kabupaten kota harus menghadirkan bentuk pelayanan publik yang cepat, proaktif, akuntabel dan terintegrasi,”paparnya.  (SMK)

BACA JUGA :
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA TERKINI